RSS Feed

26 Jul 2010

Pengenalan Visual Basic

Visual basic 6.0 adalah salah satu bahasa pemrograman yang bekerja di bawah sistem operasi windows. Visual Basic juga sering disebut dengan VB, yang merupakan bahasa pemrograman yang berisikan perintah-perintah atau instruksi dapat dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Tugas-tugas tersebut dapat dijalankan apabila adanya respon dari sipemakai. Respon tersebut merupakan kejadian (event) tertentu, misalnya memilih tombol, memilih menu dan sebagainya.

Beberapa kemampuan dari Visual Basic, yaitu:

  1. Membuat program aplikasi berbasis windows.

  2. Membuat objek pembantu program, seperti membuat File Help, kontrol ActiveX dan sebagainya

  3. Menguji program yang menghasilkan programakhir yang berekstensi EXE yang dapat langsung dijalankan


Dengan menggunakan Visual Basic anda akan terasa mudah untuk mengetahuinya dengan lebih dalam, karena pada Visual Basic terdapat beberapa pilihan perintah yang dapat diambil sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.



1. Menjalankan Visual Basic

Visual Basic merupakan salah satu aplikasi yang berada dalam lingkungan windows, sehingga untuk menjalankannya telebih dahulu harus mengaktifkan windows. Kemudian lakukan seperti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol Start, kemudian pilih All Programs

  2. Pilih Microsoft Visual Studio atau langsung pilih Microsoft Visual Basic 6.0, kemudian akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini:


  3. Kotak dialog tersebut bisa diaktifkan dan dinonaktifkan apabila anda memilih cek list Don't show this dialog in the future.

  4. Pada kotak dialog di atas, pilih Standar EXE, kemudian klik tombol Open. Kemudian akan muncul tampilan Project dari Microsft Visual Basic 6.0, seperti di bawah ini:



0 komentar:

Posting Komentar