RSS Feed

28 Jul 2010

Elemen Visual Basic

1. Menu Bar

Menu Bar pada Visual Basic terdiri dari beberapa pilihan yang berfungsi untuk melakukan tugas dan kegiatan tertentu. Men bar tersebu terdiri dari File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan Help. Seperti gambar di bawah ini:


Untuk meilih menu dapat menggunakan cara-cara sebagai berikut:

  • Jika anda menggunakan Mouse, anda dapat mengklik menu atau submenu yang ada.

  • Jika menggunakan keyboard, bisa menggunakan tombol Alt ditekan bersamaan dengan karakter yang bergaris bawah, kemudian pilih submenu yang ada dan tekan tombol Enter.


2. Control Menu

Control menu adalah salah satu bagian dalam baris judul (Title Bar) yang digunakan untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Control Menu ini berada pada pojok kiri atas dari jendela Visual Basic. Jika anda memilihnya, maka akan tampak beberapap pilihan, seperti:

  • Restore ==> untuk mengembalikan ukuran jendela ke dalam ukuran sebelumnya.

  • Move ==> untuk memindahkan jendela.

  • Minimize ==> untuk mengecilkan ukuran jendela aplikasi.

  • Maximize ==> digunakan untuk memperbesar ukuran jendela dalam satu layar penuh.

  • Close ==> untuk mengakhiri/menutup jendela aplikasi.


Tombol-tombol tersebut di atas (Restore, Move, Minimize, Maximize dan Close) dapat anda pilih pada pojok kanan atas layar pada jendela yang sedang aktif.

3. Toolbar

Toolbar merupakan cara cepat atau jalan pintas dalam menjalankan suatu perintah, yang diwakili oleh tombol-tombol tertentu. Toolbar dalam Visual Basic terdiri dari: Toolbar Standard, Toolbar Debug, Toolbar Edit dan dll. Perintah yang digunakan untuk menyembunyikan dan menampilkan Toolbar tersebut adalah dengan memilih tombol View->Toolbars, kemudian pilih salah satu toolbar yang diinginkan. Toolbar yang sedang aktif ditandai dengan tanda ceklist pada toolbar tersebut dan sebaliknya.

Toolbar standard merupakan salah satu toolbar yang aktif pada saat Visual Basic di jalankan, seperti pada gambar di bawah ini:


4. Form

Jendela Form (Form Window) adalah jendela utama dalam bekerja dengan Visual Basic. Pada form ini anda akan menempatkan objek-objek, seperti label, teks, gambar, tombol-tombol perintah, dll. Objek-objek yang anda tempatkan pada form akan ditampilkan pada layar. Contoh tampilan form:

Bersambung...

0 komentar:

Posting Komentar